SAGE Residency #2: Yogyakarta


Sangkring Art Project
cordially invites you to the opening of
SAGE RESIDENCY #2: 'Yogyakarta'

Christopher H. Zamora (Philippines)
Josef Zean Cabangis (Philippines)
Choiruddin (Indonesia)
Nugroho Heri Cahyono (Indonesia)
Chong Kim Chiew (Malaysia)
Suddin Lappo (Malaysia)

Monday, 11 July 2011 at 07 pm
Dialogue & Artist Talk : Tuesday, 12 Juli 2011, Jam 16.00 wib

SAGE residensi 2011 : sebuah catatan ringkas

Yogyakarta, menjadi tempat singgah ke 2 program SAGE (Southeast Asia Group Exchange) Residensi 2011. Adalah sebuah program pertukaran seniman, program residensi, yang melibatkan kelompok seni visual dan perupa dari negara-negara di Asia Tenggara. Program ini bertujuan untuk menjalin hubungan sesama seniman, sekaligus membuka kesempatan untuk membangun jaringan kesenian di antara negara-negara yang terlibat. Program residensi ini digagas oleh Tenggara Artland (Indonesia), House of Matahati (Malaysia), Project Space Pilipinas (Philipina).

Menyertai mereka selama proses residensi, saya mencatat beberapa hal menarik dari proses kreatif yang telah dilakukan. Suasana Yogyakarta yang hiruk pikuk dengan kehidupan seni rupa, menjadi bagian menarik sepanjang pelaksanaan residensi. Lawatan ke studio seniman, menyaksikan event pembukaan pameran, obrolan dan diskusi bermalam-malam menjadi energi tersendiri. Wacana kesenian, market hingga perkara-perkara teknis penciptaan, menjadi bahan diskusi yang menarik untuk memahami kondisi medan seni rupa di negara masing-masing. Berpijak dari obrolan dan diskusi ini pula mereka mengancang karya-karya kolaborasi, di mana pertukaran gagasan, isu yang hendak dituju, pokok perupaan yang hendak dituangkan hingga pertimbangan material dan teknis penciptaan menjadi poin tersendiri. Kebiasan praktik kerja masing-masing seniman yang berlainan juga melahirkan negosiasi dan sharing kerja yang sangat menarik.

Menemani proses mereka berkarya, saya melihat ruh dan spirit yang sama dalam tajuk kekaryaan mereka, sebuah spirit dari masyarakat negara berkembang yang kritis dan terus bergeliat. Persoalan identifikasi diri, identitas, sejarah, akar kultur hingga persoalan modernitas dan globalisasi menjadi pertanyaan-pertanyaan kritis yang mereka lontarkan. Seperti Chong Kim Chiew menggunakan peta sebagai bahasa untuk mempertanyakan sejarah wilayah. Bagaimana kekuatan sosial politik, mampu merubah teritori, perbatasan hingga kontur demografis manusianya. Dengan media akrilik dan spidol boardmarker, ia pertemukan semua teks wilayah, jalan dan sungai, dan nama tempat dari seluruh wilayah dunia dalam selembar kertas. Carut marut tanda itulah yang menarik kita pada batas-batas memori akan ruang yang telah tererosi, sekaligus mengajak kita untuk menilik ulang konstruksi identitas. Ingatan akan kampung halamannya, Malaysia, menuntun Suddin Lappo untuk terus mengungkapkan kondisi negaranya saat ini. Bagaimana perjuangan rakyat Malaysia menegakkan demokrasi yang bersih disiratkannya dalam figur potret diri memegang kartu kuning. Warna yang identik dengan kompensasi pelanggaran dalam permainan sepak bola, di mana warna kuning juga menjadi simbol perjuangan rakyat Malaysia saat ini. Sebagai seniman, ia termasuk seniman yang kritis. Nada satire akan kebijakan negara berikut tingkah laku para aparatusnya seringkali tersemat dan terdengar dalam karya-karyanya.

Zean Cabangis, seniman muda dari Philipina ini banyak mencermati kontur lingkungan dari suatu tempat yang dikunjunginya, untuk kemudian disatukannya secara acak dalam bidang kanvas. Mulai dari figur, pohon, hingga benda-benda yang identik dengan tempat tersebut disusun dengan pendekatan teknik realism yang dipadu dengan corak-corak grafis sebagai elemen pendukung. Zean lebih banyak menyoal tentang identifikasi ruang berikut tegangannya dengan psikologi masyarakatnya, hingga respon audiens saat karya itu dipresentasikannya. Sementara Christopher Zamora asyik berkolaborasi dengan Nugroho Heri Cahyono. Persoalan globalisasi dan modernitas yang melanda dunia ketiga, telah menyebabkan masyarakatnya terkapar dengan kondisi ini. Konstruksi baja berbentuk diamond dimaksudkan sebagai ikon dari modernism, menindih sosok figur manusia yang menahannya tak berdaya. Seolah gambar bercerita, tubuh sang figure itupun layuh pada panel berikutnya. “Inilah gambaran masyarakat yang tidak sanggup menanggung beban modernitas dan globalisasi, mereka menyerah dan jatuh terkapar”, demikian ungkap Heri. Sementara persoalan art scene saat ini yang chaotic coba diungkapkan Choiruddin dalam potret seorang gadis yang dikelilingi buih. Samar-samar terlihat sobekan kertas bertulis ‘galeri’, suatu tanda yang mengundang konflik visual tersendiri. Apakah wacana art scene yang terkesan konseptualistik, molek dan cantik, hanyalah buih-buih basa yang hadir untuk menutupi kepentingan market yang sebenarnya?

Merangkai setiap gagasan visual dan pemikiran mereka, saya menangkap sebuah gajala kritis mereka atas perkembangan seni rupa kontemporer saat ini. Bagaimana seni kemudian hadir sebagai sebuah strategi diplomasi kebudayaan yang menarik, beririrng dengan perputaran kapital yang maha dahsyat. Bukan untuk menafikkannya, akan tetapi menjalin sebuah pemahaman bersama untuk kemudian bersikap kritis dan seksama. Ada sebuah strategi kesenian yang mesti dibangun secara bersama-sama, tidak saja dalah satu teritori, namun melintas sekat pembatas negara. Upaya kerja jaringan ini harus terus diupayakan dengan tetap berpijak pada identifikasi diri, meyakini identitas asal dan akar kultural serta menjalin kerja kolektif yang kontributif. Senyatanya setiap gagasan karya mereka mengancang pada persoalan identitas yang terbelah dan problematik. Setiap karya hadir dalam nuansa dan wacana yang dalam. Proses kerja mereka selama residensi menunjukkan karakter yang beragam. Layaknya sebuah motivasi, mencermati perspektif mereka terasa ad upaya identifikasi diri yang lebih, reposisi wacana kekinian, hingga upaya pemetaan posisi seni rupa kontemporer Asia Tenggara dalam peta seni dunia.

Program residensi SAGE ini merupakan sebuah program kerja jaringan yang sangat baik dalam membuka peluang komunikasi dan hubungan lintas budaya. Bagaimana seniman mampu membaca, memahami dan berkarya secara kontekstual di mana pun mereka berada. Adanya spirit akar rumpun yang sama juga memberikan motivasi yang menarik dalam melihat dan mencermati fenomena global yang ada. Berbincang dengan mereka senyatanya saya menangkap sebuah mimpi bersama, Asia Tenggara menjadi kiblat seni kontemporer dunia suatu hari nanti. (Hendra Himawan. kurator)

Organizer by
TENGGARA, House of MATAHATI (HOM), Project Space Pilipinas

Sangkring Art Project
Nitiprayan Rt.1 Rw.20 No. 88 Ngestiharjo, Kasihan Bantul Yogyakarta, 55182, Telp. (0274) 381032; 081227675678

The exhibition will continue until 23 July 2011

11 comments:

Anonymous said...

There is no wrong or right approach to create a website.
We now have web pages in connection with a definite specific niche market and as well internet sites on totally not related merchandise.
It’s really up to you which will technique you would like to get.
One element though…you highly recommend Blog writer, why should you would spend funds developing a .
world wide web.. I’ve usually asked yourself detail seemed to be
vital. A reply will be awesome!
Also visit my blog ... Criminal Background Check

Anonymous said...

Superb advice coming from Tina. I love the actual he
earned regarding as a possible specialist within a specific region.

It's worked well in my situation. I’m at present unemployed, nonetheless buying a good degree of commitment work. Thanks for placing the job interview. Joost is amongst the finest in relation to SEO/Wordpress.
My web site - Instant Car Insurance

Anonymous said...

Suitable for stovetop, oven & microwave cooking. define vpn connection. If you are planning a wedding ahead, or a vacation spree or simply a break from work, then just reach out for www. free proxy server list

Anonymous said...

Could you brain if I repost this kind of onto our
weblog? I've to make certain credit ratings is offered where it can be credited. Have a good a person!
Feel free to surf my webpage - www.treatmentforgenitalwarts.info

Anonymous said...

This brings in a very important fact; that domestication should not just be treated as a reproductive phase in which animal are completely isolated from their wild ancestors; instead some flexibility should be maintained with regard to the possibility of semidomestication. vpn clent software

Anonymous said...

@Joel * I'm trying to post you some text but I can’t realize its on your web site. Would you please get in touch?
Here is my webpage ; Background Investigation

Anonymous said...

In such scenarios budgets are somewhat tight hence the need for cheap policies. You are now looking for a wedding engagement ring, discount engagement rings., access 2203. They are the best choice when there is demand of affordable and long lasting doors. java nio socket server

Anonymous said...

Checking your design will make you see if your whole poster will be easily understood by your clients. One of the most interesting aspect of this goal is they can used anywhere either indoors or outdoors., pfil not plumbed on any network. The wellbeing of all these factors defines our quality of life which is actually our state of health. v internet access

Anonymous said...

We skilled several details making use of this web-site,
I'd in order to renew the site plenty of situations just before getting this so that you can heap accurately. I was wanting to know should your web host is fine for some? Not that We are protesting and complaining, yet lethargic filling scenarios moments can very frequently have an effect on your position on the internet which enable it to injury your own superior scores in the event that marketing and advertising using bing. Regardless I’m incorporating this kind of Rss feed so that you can our e-mail and can even check for much more of your own particular exciting content material.
Review my website ... How To Treat Genital Warts

Anonymous said...

Doctors are also endorsing the use of herbs for enhancing sexual functions., d virtual desktop. We strongly believe in providing our clients with compatible services, so that our relationship is treasured for lifetime. This was important because it brought cohesion on the manner in which the law could be applied in confiscation of proceeds from any crime. sav client credit. Full color printing when done together with offset printing truly creates various stickers of topnotch quality. migliori offerte adsl it

Anonymous said...

You can get your day started or end your evening with a beneficial treadmill workout. As a mom you can expect to get sleep in periods of 2 to 3 hours at a time., linksys befcmu10 ethernet. It is not difficult to get the certification as the exam is easy. reset proxy